JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 TAMBARANA |
Nama: PRISKA NATASIA LAHONTONG |
Tahun: 2024 |
Abstrak Priska Natasia Lahontong (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 1 Tambarana. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Berdasarkan hasil observasi kegiatan belajar mengajar di SDN 1 Tambarana masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Pada proses pembelajaran siswa masih kurang aktif. Kesulitan siswa dalam mempelajari materi dapat diatasi dengan menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan, maka diperlukan model pembelajaran yang kooperatif dalam belajar guna meningkatkan pemahaman siswa dan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah dengan model pembelajaran koopertif tipe Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koopertif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa IPA siswa kelas V SDN 1 Tambarana. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Designe. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 1 Tambarana. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen yang jumlah keseluruhan 30 orang. Untuk mendapatkan data, digunakan teknik observasi, dokumentasi dan pemberian soal tes berupa soal pre-test dan post-test masing-masing yang berjumlah 10 butir soal. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: hasil belajar siswa pada materi kesehatan organ peredaran darah setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation diperoleh dari uji-t yaitu thitung > ttabel yaitu 4.387 > 1753 (n=15) dengan tariff signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima H0 ditolak. Kata kunci: Group Investigation dan Hasil Belajar |