Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN INPRES 1 TOLAI
Nama: NURLINDA SARI
Tahun: 2021
Abstrak
Nurlinda Sari, 2020. Pengaruh Model Discovery Learning berbantuan Media Konkrit Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Inpres 1 Tolai. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pemdidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si.M.Pd. Kata Kunci:Discovery Learning, Media Konkrit, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan media konkrit terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Tolai. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan the equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 1 Tolai. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas control. Instrumen hasil belajar berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validasi ahli dan validasi item tes. Rata-rata tes akhir yang mengikuti model Discovery learning 7,29 Dengan standar deviasi 1,083 dan rata-rata yang mengikuti model Konvensional adalah 5,96 dengan standar deviasi 1,160. Hasil perhitungan statistic dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan nilai signifikan dengan taraf 5% yaitu 0,000<0,05 , disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan Media Konkrit terhadap Hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Tolai.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up