JudulANALISIS EFEKTIVITAS BELAJAR MENYANYI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DI MASA PANDEMI COVID.19 SD INPRES 1 TALISE |
Nama: WULAN ENANRI GANTA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Wulan Enanri Ganta, 2021. Ananlisis Eefektivitas Belajar Menyanyi Dengan Menggunakan Media Audiovisual di Masa Pandemi Covid.19 Sd Inpres 1 Talise. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Yun Ratna Lagandesa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas belajar menyanyi dengan menggunakan media audiovisual di kelas V Sd Inpres 1 Talise. Masala yang di teliti adalah “apakah dengan menggunakan media audiovisual efektif dalam belajar mernyanyi bagi siswa di masa pandemi covid-19 dan apa kelebihan dan kekurangan media audiovisual dalam pelaksanaan pembelajaran bernyanyi”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.Subyek penelitian adalah guru dan murid kelas V Sd Inpres 1 Talise.. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Huberman melalui tiga tahap yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media audiovisual dalam belajar menyanyi sangat efektif terbukti dari hasil wawancara dengan Guru kelas V Sd Inpres 1 Talise mengenai pengggunaan media audiovisual dalam belajar menyanyi di masa pandemi covid.19 itu sangat baik dan memudahkan guru dalam mengajar, dan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran dan hasil presentasi observasi dan angket masuk dalam kategori baik yaitu 89?n 29.46%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa belajar menyanyi dengan menggunakan media audiovisual itu efektif. Kata kunci : Efektivitas, Belajar menyanyi, Media |