JudulPENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI TERHADAP NILAI KEAKTIFAN SISWA KELAS 4 SDN BIRO PALU |
Nama: REGITA MAULINDA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Regita maulinda 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Keaktifan Siswa Kelas 4 SDN Biro Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azizah,S.Si.M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran Nobangan pada nilai keaktifan dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan model pembelajaran Nobangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini terdiri dari tiga fase, yaitu : (1) Fase penelitian awal, (2) Fase pengembangan, (3) Fase validitas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Biro Palu tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 8 orang siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang berupa lembar kuisioner validasi dan kepraktisan sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara. Hasil validasi dari penelitian ini adalah validasi silabus memperoleh nilai 3,68 dengan kriteria sangat valid, validasi RPP memperoleh nilai 3,64 dengan kriteria sangat valid dan validasi buku panduan model pembelajaran Nobangan memperoleh nilai 3,70 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan tingkat kepraktisan model pembelajaran Nobangan adalah respon siswa memperoleh nilai 3,62 dengan kriteria sangat praktis, respon guru memperoleh nilai 3,67 dengan kriteria “sangat praktis” dan respon pengamat nilai Keaktifan memperoleh nilai 3,16 dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Nobangan pada nilai Keaktifan siswa kelas 4 sekolah dasar telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Kata Kunci : Model Pembelajaran Nobangan, Nilai Keaktifan |