JudulPengembangan Modul Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Bulat Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas VI SD |
Nama: ASTRID PUTRI AYU NINGRUM |
Tahun: 2021 |
Abstrak Astrid Putri Ayu Ningrum, 2020. “Pengembangan Modul Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Bulat Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas VI SD”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah, S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas modul pembelajaran bilangan bulat berbasis kontekstual pada siswa kelas VI Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Prosedur pengembangan hanya menggunakan 7 tahap, yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan data; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan produk draf; 4) Uji lapangan awal; 5) Merevisi hasil uji coba; 6) Uji coba lapangan utama; dan 7) Penyempurnaan Produk. Data diperoleh dari tiga sekolah yaitu SD Negeri 1 Binangga, SD Negeri Beka, dan SD Inpres Tinggede dengan melibatkan 4 siswa kelas VI di setiap sekolah. Validasi produk didasarkan pada 2 aspek yaitu desain materi dan media. Kedua aspek tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan berkualitas dan layak untuk digunakan. Pada uji coba lapangan utama untuk menguji kepraktisan modul, digunakan angket untuk melihat tanggapan siswa dan guru. Hasil dari uji coba lapangan utama bagi siswa diperoleh rata-rata 4.8 (Sangat Baik) dan guru memperoleh nilai rata-rata 4,9 (Sangat Baik). Dengan demikian, berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan terbukti bahwa modul pembelajaran layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika pada materi penjumlahan bilangan bulat untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar. Kata kunci: Pengembangan Modul, Penjumlahan Bilangan Bulat, Pembelajaran Kontekstual. |