JudulHUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SD INPRES 1 DONGGULU |
Nama: KHAIRUNNISA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Khairunnisa, 2020. Hubungan antara intensitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa di SD Inpres 1 Donggulu. Skrpsi Program Study Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara intensitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa di SD Inpres 1 Donggulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian ekperimen, jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi pada siswa SD kelas V, sampel pada penelitian ini adalah 16 siswa. Data penelitian diperoleh melalui dua cara, yaitu (a) penyebaran angket yang berisikan sejumlah pernyataan yang ditanggapi para siswa responden, dan (b) mendapatkan nilai hasil ujian tengah semester pada mata pelajaran Matematika dari para siswa yang telah ditetapkan sebagai responden. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif menggunakan bantuan software Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 23 for windows. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai signifikasi (0,010) 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat hubungan antara intensitas belajar terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat derajat hubungan korelasi kuat yang bernilai 0,626. Kata kunci: intensitas belajar, hasil belajar, matematika |