JudulPENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH LUAR JARINGAN (PJJ LURING) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 SALUMPAGA |
Nama: DIKRAWANSA MA'ASI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Dikrawansa Ma’asi, 2020. Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Luar Jaringan (PJJ Luring) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Salumpaga. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran jarak jauh luar jaringan terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN 2 salumpaga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan desian one one-group pre-test pos-test design.Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 2 Salumpaga dengan jumlah 22 orang siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa angket, analisis data menggunakat uji t. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest 48,73 dan skor rata-rata posttest yaitu 50,68. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikasi (0,122) ? 0,05 maka Ho diterima, artinya bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata angket minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran jarak jauh luar jaringan atau tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran jarak jauh luar jaringan. Pada masa pendemi Covid-19, siswa melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah, akan tetapi dengan menggunakan model pembelajaran jarak jauh luar jaringan ini dimana guru membuat kelompok belajar kecil dan melakukan kunjungan belajar ke rumah siswa agar siswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran bersama teman-temannya sehingga minat belajar mereka tetap sama seperti pada saat keadaan normal sebelum Covid-19. Kata kunci: Pembelajaran Jarak Jauh Luar Jaringan (PJJ Luring), minat belajar. |