JudulPENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI DISCORD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 DI SD INPRES 1 TANAMODINDI |
Nama: DIMAS DWISATRIYO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Dimas Dwisatriyo. (2024). “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Discord Terhadap Hasil Belajar Di Kelas 5 SD 1 Inpres Tanamodindi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Pahriadi. Masalah dalam penelitian ini adalah Pengugunaan media berupa aplikasi sebagai pembelajaran yang belum berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Aplikasi Discord Terhadap Hasil Belajar Di Kelas 5 SD 1 Inpres Tanamodindi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian Eksperimen. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD yang berjumlah 21 anak tediri dari 11 anak perempuan dan 10 anak laki-laki terdaftar pada ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi dapat diketahui bahwa hasil rekapitulasi pengamatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan penggunaan aplikasi dalam aspek hasil belajar siswa. Pada hasil belajar siswa yang sudah di teliti untuk ketegori tinggi 52,38% menjadi 33,33%, kategori sedang 33,33% menjadi 42,85%, dan kategori rendah 14,28% menjadi 23,80%. Sesuai hasil data perkembangan uji-t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung adalah sebesar 4.357 > 1,724 dengan nilai signifikan 0,01 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengguanaan aplikasi discord terhadap hasil belajar siswa di SD kelas 5 Inpres Tanamodindi Palu. Kata Kunci : Discord, Hasil Belajar |