JudulHUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES 3 TOLAI |
Nama: ADE WIYAN AYU ANJANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua dengan motivasi belajar selama pandemi Covid 19. Jenis penelitian yang digunakan adalah Korelasi (Correlational Studies) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 29 responden yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Inpres 3 Tolai. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 26 terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. Uji normalitas dan uji korelasi digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara peran orang tua dengan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari perolehan nilai koefisien korelasi antara variabel peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,698 (tingkat hubungan tinggi) dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena harga signifikasinya 0,000 < 0> dari 0,367 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada hubungan yang signifikan antara peran orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi SD Inpres 3 Tolai Kata kunci: Peran orang tua, motivasi belajar. |