Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENARI SISWA MATA PELAJARAN SBDP KELAS IV MIN 1 PARIGI
Nama: NI'MATUL KHOIRIYAH
Tahun: 2021
Abstrak
Ni’matul Khoiriyah. 2021. Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar menari siswa mata pelajaran SBdP kelas IV MIN 1 Parigi. Skripsi, program studi pendidikan guru sekolah dasar jurusan ilmu pendidikan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing; Yun Ratna Lagandesa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar menari siswa mata pelajaran SBdP kelas IV MIN 1 Parigi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain “nonequivalent control group design” subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 1 Parigi dengan jumlah siswa sebanyak 42 Orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVAsebanyak 21 siswa dan kelas IVB sebanyak 21 siswa. Dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa test hasil belajar dalam bentuk praktek. Dengan hasil perolehan rata-rata skor untuk test praktek menari posttest kelas control dan kelas eksperimen adalah 0,019 > 0,05. Sedangkan pretest kelas eksperimen dan kelas control 0,001 > 0,05 Kedua nilai tersebut diketahui bahwa nilai bersignifikasi pada taraf nyata ? = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdpat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar menari siswa mata pelajaran SBdP kelas IV MIN 1 Parigi. Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up