JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA KONKRET PADA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA KELAS IV SDN BAKALINGA |
Nama: DESIAYUANTIKA PIKILAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Desiayuantika Pikilan, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Berbantuan Media Konkret Pada Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas IV SDN Bakalinga. Hasil penelitian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univeritas Tadulako, Pembimbing Abdul Rahman, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis penellitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Dalam siklus I terdiri dalam dua kali pertemuan dan siklus II terdiri hanya satu kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bakalinga tahun pelajaran 2020/2021 yaitu berjumlah 15 siswa. dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang berupa hasil tes kognitif sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi terhadap aktivitas belajar guru dan aktivitas belajar siswa dianalisis. Hasil tes dari siklus I diperoleh persentase daya serap klasikal sebesar 75,6 ?n hasil persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,3 ?n dengan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang siswa dari 15 orang siswa, hasil persentase observasi aktivitas guru dalam siklus I dalam pertemuan pertama dan kedua yaitu 86,8 % menjadi 88,1 % masuk dalam kategori baik, hasil persentase observasi aktivitas siswa dalam siklus I pertemuan pertama dan kedua yaitu 77,63 % menjadi 84,2 % telah masuk kategori baik. kemudian pada siklus ke II terjadi peningkatan yaitu persentase daya serap klasikal sebesar 76 ?n ketuntasan persentase belajar klasikal sebesar 93,3 ?n dengan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 1 orang siswa dari 15 orang siswa, Hasil persentasi observasi aktivitas guru dalam siklus II diperoleh 100% masuk dalam kategori sangat baik, dan hasil persentase observasi aktivitas siswa diperoleh 92,1 % masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwah dengan menggunakan model pembelajaran group investigation berbantuan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Bakalinga Kelas IV pada mata pelajaran IPA dan dapat membuat aktivitas guru di dalam kelas menjadi kreatif dan aktivitas siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Group Investigation, Media Konkret, Mata Pelajaran IPA ABSTRACT Desiayuantika Pikilan, 2020. Improving Student Learning Outcomes through Cooperative Learning Model Type Group Investigation Assisted by Concrete Media on Natural Sciences Subject of Light Material at Grade IV of SDN Bakalinga. Skripsi of Elementary School Teacher Education Study Program, Science Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University, Supervised by Abdul Rahman. This research aims to improve student learning outcomes on the natural sciences subject. It was a classroom action research with two cycles. The first cycle consists of two meetings, and the second cycle consists of only one meeting. Each cycle includes planning, acting, observing, and reflecting. This research's subjects were students at the grade IV of SDN Bakalinga in the 2020/2021 academic year, totaling 15 students. There are two types of data: quantitative and qualitative. Quantitative data were cognitive test results, while qualitative data were observations of teachers and students' learning activities were analyzed. The first cycle's test results obtain the percentage of a classical absorption is 75.6%, and the classical learning completeness is 81.3%. The number of students who do not complete is four students. The percentage of teacher activity observations in the first cycle obtained the first and second meetings are 86.8% to 88.1% in a good category. The percentage of student activity observations in the first and second cycle of meetings are 77.63% to 84.2% in a good category. The second cycle is an increase, it is the percentage of classical absorption of 76% and the percentage of classical learning completeness of 93.3%, and the number of students who do not complete is one student. The percentage of teacher activity observations in the second cycle was obtained 100% in the very well category, and the results of the percentage of student activity observations obtained are 92.1% in the very well category. It can be concluded that using the group investigation learning model assisted by concrete media can improve the student learning outcomes at Grade IV of SDN Bakalinga in Natural sciences subject and make teachers' activities more creative in the classroom and students activities more active in learning participation. Keywords: Learning Outcomes, Learning Model of Group Investigation, Concrete Media, Natural Sciences Subject |