JudulHUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 MAYOA |
Nama: I KADEK ARI ARTANO |
Tahun: 2022 |
Abstrak I kadek Ari Artano, (2021). Hubungan Antara fasilitas Belajar Dengan prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Mayoa. Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd., M.Sn. Dalam penelitian ini permasalahan yang dikaji adalah apakah terdapat hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Mayoa? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Mayoa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat korelasi. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah variabel bebas (independen) dan variabel terikat (dependen). Variabel bebas adalah fasilitas belajar yang diberi simbol X, sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar siswa yang diberi simbol Y. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 5 mayoa dengan Sampel siswa kelas IV yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini telah dianalisis menggunakan bantuan SPSS ditemukan nilai r hitung < r tabel atau -0,005 < 0,456, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Mayoa. Kata Kunci :Hubungan Antara Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa |