JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES 1 DONGGULU |
Nama: SINTA RESKI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sinta Reski, 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigetion (GI) Berbantuan Media Konkrit Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Donggulu” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Azizah, S. Si., M. Pd. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres 1 Donggulu yang berada di Desa Donggulu, Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigetion (GI) berbantuan media konkrit terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Donggulu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa, adapun prosedur penelitian ini mengikuti desain One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling dan instrumennya berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validasi ahli dan validasi item tes. Rata-rata tes awal 43.4667 dengan standar deviasi 10.73623 dan rata-rata tes akhir 68.0667 dengan standar deviasi 9.88120. Hasil perhitungan statistik dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan nilai signifikan dengan taraf 5% yaitu 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan media konkrit terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Donggulu. Kata Kunci: Group Investigetion (GI), Media Konkrit, Hasil Belajar IPA. |