JudulPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PERKALIAN BILANGAN BULAT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD |
Nama: SRI YANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Sri Yanti, 2020. Pengembangan modul pembelajaran perkalian bilangan bulat berbasis kontekstual pada siswa kelas VI SD. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul pembelajaran perkalian bilangan bulat berbasis kontekstual pada siswa kelas VI SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang memiliki 10 tahap. Adapun prosedur pengembangan modul pembelajaran ini hanya menggunakan 7 tahap yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan data; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan draft produk; 4) Uji lapangan awal; 5) Merevisi hasil uji coba; 6) Uji coba lapangan utama; dan 7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Data diperoleh dari tiga sekolah yaitu, SD Inpres 1 Inti Bantaya, SD Inpres 1 Nambaru, dan SD DDI Cabang Parigi. Validasi produk berdasarkan 2 aspek yaitu materi dan media. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata 4.03 dengan kriteria “Baik”, hal ini mengindikasikan bahwa modul yang dikembangkan valid digunakan. Adapun uji coba lapangan utama untuk menguji kepraktisan modul digunakan angket untuk melihat respon siswa dan guru. Hasil uji coba lapangan utama pada siswa diperoleh nilai rata-rata 4.44 dengan kriteria “Sangat Baik” dan pada guru diperoleh nilai rata-rata 4.34 dengan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan utama dapat diketahui bahwa modul pembelajaran yang telah dikembangkan layak dijadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika pada materi perkalian bilangan bulat di kelas VI SD. Kata Kunci: Pengembangan, modul, perkalian, pendekatan kontekstual |