JudulPENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SDN 1 BINANGGA |
Nama: YULIANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Yulianti, (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VB SDN 1 Binangga. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Azizah, S.Si.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Project Based Learning terhadap minat belajar IPA siswa. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain One group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VB SD Negeri 1 Binangga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket untuk mengukur minat belajar IPA siswa. Analisis data terdiri dari Uji Validitas, reliabilitas, uji normalitas dan Uji-t digunakan untuk menguji hipotesis penelitian berbantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning berpengaruh terhadap minat belajar IPA siswa. Hal tersebut dilihat dari perolehan nilai sig < ? yaitu 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kata kunci: Model Project Based Learning, Minat belajar IPA siswa |