JudulAnalisis Metode Pembelajaran IPA Kelas V SDN 4 Dolo Selama Masa Pandemi Covid 19 |
Nama: ALFIRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan mengkaji metode pembelajaran yang digunakan selama masa pandemiccovid-19 di SDN 4 Dolo. Selain itu juga mengetahui respon siswa terhadap implementasi metode tersebut. Jenis penelitian adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V dengan jumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 4 Dolo selama masa pandemi covid 19 yaitu metode penugasan.dimana metode penugasan ini diterapkan oleh guru kelas V SDN 4 Dolo Selama masa pandemic covid 19. Metode penugasan ini diterapkan oleh guru dimana guru mengunjungi satu persatu rumah siswa. Ketika sampai dirumah siswa guru memberikan tugas kepada siswa. Dalam tugas tersebut sudah terdapat penjelasan materi dan tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Pemberian tugas ini dua kali dalam satu minggu. Respon siswa terhadap metode pemberian tugas yaitu 58% siswa tidak setuju dengan metode pemberian tugas yang diterapkan guru karena tidak menarik dan tidak menyenangkan dan waktu belajar sangat terbatas, 12% siswa sangat setuju dengan metode pemberian tugas karena menarik dan menyenangkan bagi siswa karena hanya di berikan tugas oleh guru dan siswa lebih banyak waktu bermain dan belajar Selama masa pandemi covid 19 ini dan 30% siswa yang setuju metode penugasan yang di gunakan oleh guru selama masa pandemi covid 19 ini. |