JudulPengembangan Media KADO Pecah Materi Pecahn Senilai Di Kelas IV SD |
Nama: YURNI LAHINTA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Yurni Lahinta, 2022. Pengembangan Media Kado Pecah Pada Materi Pecahan Senilai Di Kelas Iv Sd. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Imu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah, S.Pd., M.Pd TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkanMediaKADOPecah pada Materi Pecahan Senilai di Kelas IV SD. Dengan adanya Media KADO Pecah inidiharapkanmembuatsiswamenjaditertarikmempelajarimateriPecahanSenilaid dengan cara bermain. Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan Borg and Gall. Model pengembangan. Penelitian ini hanya menggunakan 7 tahapan, yaitu: 1) Potensi dan masalah; 2)mengumpulkan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain ; 6) uji coba produk; dan 7) revisi produk. Hasil uji coba kelompok besar pada Penelitian ini dilakukan di SD IT AL-Qolam Jalan Masumpanga, Tinggede, Kec. Marawola, Kab. Sigi Prov. Sulawesi Tengah yang melibatkan 18 siswa kelas IV. Berdasarkan hasil validasi media diperoleh rata-rata penilaian terbesar 91% dikategorikan”sangat valid”, validasi materi diperoleh rata-rata penilaian terbesar 90% dikategorikan “sangat valid” yang menunjukkan Media KADO Pecah valid untuk diterapkan di SD.Uji kelompok kecil diperoleh rata-rata penilaian sebesar 78% dikategorikan “valid”. Uji kelompok besar diperoleh rata-rata penilaian sebesar 95% dikategorikan “sangat valid”. Dan respon guru dengan rata-rata penlaian sebesar 90% dikategorikan “sangat valid” yang menunjukkan bahwa Media KADO Pecah yang dikembangkan praktis digunakan. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan utama, dapat diketahui bahwa Media KADO Pecah Pada Materi Pecahan Senilai di Kelas IV SD ini valid dan praktis sehingga valid untuk digunakan. |