JudulPenerapan Metode Pemberian Tugas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN Doda I Lore Tengah |
Nama: SISILIA VERONIKA SULI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Sisilia Veronika Suli 2016. Penerapan metode pemberian tugas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN Kelas IV SDN Doda I Lore Tengah.skripsi. program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), jurusan ilmu pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP),universitas tadulako palu. pembimbing : (1) Arif Firmansyah Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN di kelas IV SDN Doda I Lore Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pemberian tugas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN di kelas IV SDN Doda I Lore Tengah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Doda I Lore Tengah yang berjumlah 16 orang. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi siswa, observasi guru dan angket. Analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. sedangkan untuk analisis data angket menggunakan rumus presentase yaitu P= X 100%. hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode pemberian tugas terhadap motivasi belajar siswa. di lihat dari hasil observasi siswa di peroleh persentase nilai rata- rata yaitu 83,9?ngan ketegori sangat baik. dari hasil angket motivasi belajar juga diperoleh 75% siswa menyatakan penerapan pemberian tugas dalam pembelajaran PKN selalu diterapkan terhadap motivasi belajarnnya. kata kunci : metode pemberian tugas; motivasi belajar siswa |