JudulHubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Minat Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 2 Talise Palu |
Nama: IKA CITRA PRATIWI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK IKA CITRA PRATIWI (2021). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Minat Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 2 Talise Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa kelas V SDN 2 Talise Palu pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang positif antara keterampilan mengajar guru dengan minat belajar IPS kelas V SDN 2 Talise Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment. Pengumpulan datanya menggunakan angket, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis deskriptif tentang keterampilan mengajar guru di SDN 2 Talise Palu diperoleh hasil persentase yaitu 68?rada pada kategori sedang, 12?rada pada kategori rendah, sedangkan 20?rada pada kategori tinggi. Untuk hasil deskriptif minat belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Talise Palu diperoleh persentase yaitu 76?rada pada kategori sedang, 8?rada pada kategori rendah, sedangkan 16?rada pada kategori tinggi. Hasil perhitungan yang diperoleh dengan teknik korelasi product moment adalah 0,591 yang menunjukan hubungan kedua variabel bersifat positif, kemudian dibandingkan dengan rtabel jumlah N=25 dan taraf signifikan 5% yaitu 0,396 terbukti bahwa hasil rhitung lebih besar dari rtabel (0,591?0,396). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara keterampilan mengajar guru dengan minat belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Talise Palu. Kata kunci : Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa. |