JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES 3 TONDO |
Nama: MERNIA YEMBENGE |
Tahun: 2020 |
Abstrak Mernia Yembenge. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Inpres 3 Tondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Abdul Rahman. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres 3 Tondo. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Menggunakan Media Gambar. Penelitian ini memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres 3 Tondo yang berjumlah 24 orang siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase Ketuntasan Belajar Individu (KBI) siswa sebesar 73,54%, Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 66,66%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase KBI siswa sebesar 78,75% serta persentase KBK sebesar 83,33%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada KBI terjadi peningkatan sebesar 5,21?ri siklus I sebesar 73,54?n siklus II sebesar 78,75%. Sedangkan pada KBK terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 16, 67%, dari siklus I sebesar 66,66?n siklus II sebesar 83,33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Inpres 3 Tondo. Kata kunci : NHT, Media Gambar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA. |