Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE PROMBEL SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES 1 LOLU PALU
Nama: NILUH AYU RINI
Tahun: 2020
Abstrak
Niluh Ayu Rini, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres 1 Lolu Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekoah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV A SD Inpres 1 Lolu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres1 Lolu, tahun ajaran 2019/2020 dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD inpres 1 Lolu yang berjumlah 30 orang siswa, penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes awal dan tes akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasikegiatan guru dan aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata siswa pada siklus 1 mencapai 75.6 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 70?n pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata siswa mencapai 85 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 86.6%. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metodepembelajaran Problem Solving hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Kata kunci: Problem Solving, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up