JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GEOMETRI DI SD INPRES 1 LOLU PALU |
Nama: SUMARNIYATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Sumarniyati, 2020. Penerapan Model Pembelajaran ICARE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Geometri di SD Inpres 1 Lolu Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekoah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi geometri pada siswa kelas IV A SD Inpres 1 Lolu. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 1 Lolu, tahun ajaran 2019/2020 dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD inpres 1 Lolu yang berjumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah, tes, lembar observasi guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar, aktivitas siswa dan aktivitas guru. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pelajaran matematika di SD Inpres 1 lolu sebesar 70%. Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) pada siklus I adalah 73% , kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 3,6% sehingga menjadi 76,6%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran ICARE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Geometri di kelas IV SD Inpres 01 Lolu. Kata kunci: ICARE, Hasil Belajar Geometri |