JudulSTUDI KASUS TENTANG RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBdP KELAS IV SD Inpres 1 LASOANI DI MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: ANANDA NUR CAHYANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ananda Nur Cahyani (2022). Studi Kasus Tentang Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV SD Inpres 1 Lasoani Di Masa Pandemi Covid 19. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing : Yun Ratna Lagandesa. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apa yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SBdP kelas IV SD Inpres 1 Lasoani di masa pandemi Covid 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atau menelusuri dan mendeskripsikan apa penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas IV SD Inpres 1 Lasoani. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. menggunakan angket dari 20 siswa kelas IV di SD Inpres 1 Lasoani. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang di SD Inpres 1 Lasoani, dari hasil observasi penelitian pada data tabel-tabel hasil dari responden siswa kelas IV telah meyimpulkan bahwa motivasi belajar siswa masih kurang. Adapun kendala selama pembelajaran berlangsung diantaranya yaitu guru yang masih kurang memahami siswa dan kondisi pandemic covid 19 yang membuat siswa tidak belajar di kelas. Simpulan penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar siswa baik dari motivasi ekstrinsik maupun intrinsik di kelas IV SD Inpres 1 Lasoani selama dalam masa pandemic covid 19. Kata Kunci : Studi Kasus, Motivasi Belajar Siswa |