Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Inkuiri Di Kelas V SDN 18 Balaesang
Nama: NURDJUNI M LIHAWA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Nurdjuni M.Lihawa (2020 ). Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui metode Inkuiri di kelas V SDN 18 Balasang. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, apakah melalui metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 18 Balaesang. Penelitian ini di laksanakan di SDN 18 Balaesang melibatkan 30 orang siswa terdiri atas laki-laki 21 orang dan 9 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemiis dan Mc.Taggar yang terdiri atas dua siklus. di mana pada setiap siklus di laksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus. Terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hal ini berdasarkan hasil formatif pada siklus I diperoleh ketentuan klasikal 83,33?n daya serap klasikal 21,2?n mengalami peningkatan pada siklus II yaitu ketuntasan klasikal 93,22?n daya serap klasikal 22,5%.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up