JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI JOYFUL LEARNING DI KELAS V SD INPRES 1 LOLU PALU |
Nama: FITRI HANDAYANI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Fitri Handayani, 2019. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui Joyful Leraning di kelas V SD Inpres 1 Lolu Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekoah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V A SD Inpres 1 Lolu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 1 Lolu, tahun ajaran 2019/2020 dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V A SD inpres 1 Lolu yang berjumlah 26 orang siswa, penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes awal dan tes akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasikegiatan guru dan aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata siswa pada siklus 1 mencapai 77,6 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 65,3?n pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata siswa mencapai 86,1 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 84,6 %. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Joyful Learning hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Kata kunci: Joyful Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS |