JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING KELAS IV SD INPRES 02 LASOANI |
Nama: NI WAYAN SUKMAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Ni Wayan Sukmawati.2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining Kelas IV SD Inpres Lasoani. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Huber. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar muatan IPS pada materi Keragaman Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV SD Inpres 02 Lasoani, menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Sumber data yang digunakan yaitu kelas IV SD Inpres 02 Lasoani yang berjumlah 26 siswa, penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang di dapatkan berupa hasil belajar siswa pada muatan IPS materi Keragaman Sumber Daya Alam di Tema 6. Penelitian ini menunjukkan Student Facilitator and Explaining meningkatkan hasil belajar siswa dari tahap pratindakan dengan rata-rata hasil belajar sebesar 59,26%, pada siklus 1 sebesar 83,84?n siklus 2 menjadi 98,84%. Presentase ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 42,30% , pada siklus 1 sebesar 69,23?n siklus 2 menjadi 100%. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, model Student Facilitator and Explaining. |