JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD ALKHAIRAAT TONDO |
Nama: ASLAMIA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Aslamia (2020), Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Alkhairaat Tondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Arif Firmansyah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Alkhairaat Tondo dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini dilaksanakan di SD Alkhairaat Tondo dengan melibatkan 33 siswa pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dimana setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 42,42?n daya serap klasikal 62,72?n pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal 83,63% sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Alkhairaat Tondo. Kata Kuci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Hasil Belajar Siswa |