Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN LOLU 1 PALU
Nama: RIFKA SAFITRI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Rifka Safitri, 2023. Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV di SDN Lolu 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadukalo. Pembimbing Nashrullah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV di SDN Lolu 1 Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif, dimana dalam penelitian ini hanya mengumpulkan data-data yang tidak berhubungan dengan angka-angka atau tidak menggunakan uji statistik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lolu 1 Palu Jl. Kartini, Kel. Lolu Selatan, Kec. Palu Timur, Kota Palu pada Tahun Pelajaran 2021/2022 tanggal 20 Mei 2021. Subjek dalam penilitian ini adalah semua siswa kelas IV di SDN Lolu 1 Palu yang berjumlah 20 orang. keterampilan guru dapat diperoleh data aspek melaksanakan pembelajaran, guru dikategorikan Baik dengan mendapatkan Persentase 86,36%. Hasil pengamatan meliputi 11 aspek yang dimana dari hasil pengamatan guru dengan pilihan responden “sering” indikatornya adalah mengucapkan salam, mengabsen kehadiran siswa, Menyampaikan tujuan pembelajaran, Memberikan motivasi belajar terhadap peserta didik, Memberikan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik, Memberikan latihan-latihan setelah menjelaskan pelajaran, Memotivasi peserta didik yang kurang aktif, Memberikan bimbingan terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dengan jumlah skor 8 atau 72,73%. Berdasarkan data hasil observasi siswa, disimpulkan bahwa siswa kelas IV selama proses pembelajaran dapat dikategorikan sangat kurang dengan persentase 41,98%. Kesulitan yang dialami peserta didik di SDN Lolu 1 Palu yaitu: kesulitan belajar, kesulitan memahami soal yang diberikan, dan kesulitan belajar berhitung. Strategi guru menghadapi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar di kelas IV SDN Lolu 1 Palu yaitu: 1) Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian siswa sebagaimana yang diharapkan. 2) Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat. 3) Memilih dan menetapkan prosedur, metode dan tehnik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya. 4) Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar kegiatan belajar mengajar dan selanjutnya akan dijadikan umpan balik buat penyempurnaan sistem intruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up