JudulSTUDI KASUS TENTANG RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN WATUMAETA DI MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: JULAEHA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Julaeha (2021). Studi Kasus Tentang Rendahnya Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Watumaeta Dimasa Pandemi Covid-19. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Dr. Ratman, S.Pd., M. Si,. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN Watumaeta dimasa pandemi covid-19. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Watumaeta di masa covid-19. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualilatif, subyek dalam peneliti ini adalah siswa kelas V SDN Watumaeta berjumlah 32 orang siswa terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh rendahnya motivasi belajar siswa pada masa pandemi. Hal tersebut menunjukan bahwa dengan adanya pandemi proses belajar mengajar menjadi kurang efektif di bidang pendidikan. Hal ini ditunjukan berdasarkan: (1) penilaian dari faktor instrinsik (kesehatan, kesiapan, disiplin) yang termaksud kriteria kurang baik dengan skor rata-rata 2,9. (2) penilaian dari faktor ekstrinsik (suasana rumah, perhatian orang tua, metode dalam pembelajaran, media pembelajaran, tugas rumah, teman bergaul) yang termaksud kriteria kurang baik dengan skor rata-rata 2,5. Kemudian (3) dalam pembelajaran observasi pembelajaran termaksud kriteria rendah dengan skor rata-rata sebesar 2,5. Kata kunci : Studi Kasus, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran IPA, Pandemi Covid-19 |