JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 3 LABUAN |
Nama: NURFALDA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nurfalda (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Pembelajaran IPS Kelas IV Di SDN 3 Labuan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I : Huber Yaspin Tandi. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas IV di SDN 3 Labuan”. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 3 Labuan dengan penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penenlitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tindakan siklus I yang tuntas secara individu berjumlah 10 orang dari 20 siswa sehingga diperoleh ketuntasan klasikal 50?n daya serap klasikal sebesar 67,5%. Pada tindakan siklus II yang tuntas secara individu 18 orang sehingga diperoleh ketuntasan klasikal 90?n daya serap klasikal 87%. Hal ini berarti bahwa pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap klasikal minimal 70 dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Peningkatan hasil belajar ini ditandai dengan meningkatnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPS. Berdasarkan daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 3 Labuan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS. |