Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING KELAS V SD INPRES 1 LASOANI
Nama: NUR ALIFDA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Nur Alifda.2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining Kelas V SD Inpres 1 Lasoani. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Huber Yaspin Tandi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar muatan IPS pada materi Peristiwa Kebagsaan Masa Penjajahan pada siswa kelas V SD Inpres 1 Lasoani, menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Sumber data yang digunakan yaitu kelas V SD Inpres 1 Lasoani yang berjumlah 36 siswa, penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang di dapatkan berupa hasil belajar siswa pada muatan IPS materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan di Tema 7. Penelitian ini menunjukkan Student Facilitator and Explaining meningkatkan hasil belajar siswa dari tahap pratindakan dengan rata-rata hasil belajar sebesar 52,77%, pada siklus 1 sebesar 69,72?n siklus II menjadi 90,27%. Presentase ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 36,11% , pada siklus 1 sebesar 61,11?n siklus II menjadi 86,11%. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, model Student Facilitator and Explaining.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up