JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS V SD INPRES 1 LASOANI |
Nama: IRMA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Irma.2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Melalui Metode Inkuiri Di Kelas V SD Inpres 1 Lasoani. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Huber Yaspin Tandi, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Lasoani. Subyek penelitian melibatkan 36 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian, pra tindakan persentasi ketuntasan hanya mencapai 22,22?n daya serap klasikal 46,94% (9 siswa yang tuntas). Hasil penelitian siklus I dengan persentasi ketuntasan yaitu 55,5?n daya serap klasikal 67,77% (20 siswa yang tuntas). Meningkat pada tindakan siklus II dengan persentasi ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal 91,38%. Persentasi ketuntsan belajar klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 100%. Ratarata nilai pada proses kagiatan guru dan siswa dalam penelitian ini masuk dalam kategori baik dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa dengan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD Inpres 1 Lasoani. Kata Kunci : Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode inquiri. |