Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTUDI KASUS TENTANG RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN INPRES SELEKAN DI MASA PANDEMI COVID 19
Nama: SITI HANIFA FAHMI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Siti Hanifa Fahmi, 2021. Studi Kasus Tentang Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Inpres Selekan di Masa Pandemi Covid 19. Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ratman, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Inpres Selekan di masa pandemik Covid 19, dengan jumah responden sebanyak 7 orang. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi. Penelitian Deskriptif adalah jenis penelitian untuk membuat pencitraan secara sistematis atau daerah tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pembagian angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPA ada dua faktor yaitu (1) faktor internal yaitu faktor yang ada dalam diri individu, berdasarkan perhitungan jumlah persentase angket motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal. Kategori faktor niat (80,36%), rajin (60,71%), motivasi (80,36%) dan perhatian (60,71%) dan (2) faktor eksternal adalah faktor-faktor yang ada diluar dari diri, berdasarkan perhitungan jumlah persentase angket motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal. Kategori faktor keluarga (71,43%), guru (67,86%), teman seperjuangan (67,86%) dan media masa (67,86%). Jadi dari kedua faktor yang lebih mempengaruhi motivasi belajar siswa di SDN Inpres Selekan adalah faktor internal dengan jumlah rata- rata persentase 70,54%. Kata kunci : Studi Kasus, Motivasi Belajar, IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up