JudulPENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV DI SD INPRES 1 INTI BANTAYA |
Nama: NUR'AIN S.LABENDI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nur’ain S.Labendi (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Inti Bantaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Huber Yaspin Tandi Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SD Inpres 1 Inti Bantaya melalui metode pembelajaran picture and picture. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas IV SD Inpres 1 Inti Bantaya. Subyek penelitian melibatkan 29 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan hasil tes pra tindakan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 31,0?n daya serap klasikal 57.9%. Siklus I dengan perolehan presentase ketuntasan belajar klasikal 65,5?n daya serap klasikal 71,7%, meningkat pada siklus II dengan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,1?n daya serap klasikal 82,7%. Aktivitas guru pada siklus I 70,8?ngan kriteria baik, pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 95,8?ngan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 68,75?ngan kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 95,9?ngan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa metode pembelajaran. Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres 1 Inti Bantaya |