JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KELAS V SDN INPRES 2 LOLU |
Nama: INDRIYANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Indriyana, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Picture And Picture Kelas V SDN Inpres 2 Lolu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan , Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Huber Yaspin Tandi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Inpres 2 Lolu melalui metode Pembelajaran Picture And Picture. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Kemmis Dan Mc.Taggart yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. penelitian ini dilaksanakan di SDN Inpres 2 Lolu, tahun ajaran 2020/2021 dan subjek penelitian siswa kelas V SDN Inpres 2 Lolu dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes akhir tiap siklus, Kemampuan guru dalam pengusaan kelas diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.ketuntasan belajar klasikal (KBK) pada siklus I adalah 52,63%, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan, menjadi 89,47%. hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 70,83% yang termasuk dalam kategori baik, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,33 % yang termasuk dalam kategori baik. hasil observasi siswa pada siklus I 79,16% yang termasuk dalam kategori baik, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 89,58% yang termasuk sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V SDN Inpres 2 Lolu. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar IPS |