Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 6 BALAESANG TANJUNG
Nama: DEVI DEA DALETA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Devi Dea Daleta. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 6 Balaesang Tanjung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 6 Balaesang Tanjung dalam pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan di kelas IV SDN 6 Balaesang Tanjung. Subyek penelitian melibatkan 10 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes pra tindakan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 40?n daya serap klasikal 63%. Siklus I dengan perolehan presentase ketuntasan klasikal 70?n daya serap klasikal 81% meningkat pada siklus II dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 100?n daya serap klasikal 86%. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 72,22?ngan kriteria cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan 94,44?ngan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 70,83?ngan kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan 93.05?ngan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IV SDN 6 Balaesang Tanjung. Kata kunci : Hasil Belajar Siswa. Quantum Teaching, Mata Pelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up