JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Materi KPK Dan FPB Di Kelas IV SDN 1 Bantuga |
Nama: MOH. HASBI OLESI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Moh. Hasbi Olesi, 2020. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Indivialization) pada materi FPB dan KPK di kelas IV SDN 1 Bantugaā€¯. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Akina, Mufidah, dan Nur Aini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi KPK dan FPB pada siswa Kelas IV SDN 1 Bantuga. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Bantuga , tahun ajaran 2020/2021 dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 1 Bantuga yang berjumlah 15 orang siswa, penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes awal dan tes akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 75,3 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 66,6?n pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa mencapai 85,3 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 86,6%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Kata kunci: Kooperatif tipe TAI, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Matematika. |