JudulPenerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negri Ujungtibu |
Nama: WIDYA SYAFITRI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Widya Syafitri (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negri Ujungtibu, Hasil Penelitian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Arif Firmansyah Rumusan Masalah Penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SDN Ujungtibu?. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negri Ujungtibu melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching pada pelajaran IPS, dengan desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi 4 komponen, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subyek siswa kelas kelas IV SDN Ujungtibu dengan jumlah siswa 11 anak yang teridri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data ada dua yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa telah terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 72,72% (8 Siswa). Nilai rata-rata pada siklus I adalah 80,45% (sudah mencapai KKM). Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 18,18% (1 siswa). Nilai rata-rata pada siklus II adalah 89,09%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I sampai dengan akhir siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching ini memberikan dampak positif, karena dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Ujungtibu. Kata Kunci : Model Quantum Teaching, Hasil Belajar, IPS |