JudulPeran Guru Dalam Membina Karakter Siswa Di SD Inpres 3 Tondo |
Nama: SAFITRI JUNIAWATI J MATONENG |
Tahun: 2020 |
Abstrak Safitri Juniawati J Matoneng, 2020.Peran Guru dalam Membina Karakter Siswa di SD Inpres 3 Tondo. Skripsi, Program Studi Pedidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam pembinaan karakter siswa di SD Inpres 3 Tondo, untuk mengetahui faktor penghambat dalam pembinaan karakter siswa di SD Inpres 3 Tondo. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriftip kualitatif. Subjek penelitian yaitu 20 orang siswa teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: peran guru dalam membina karakter siswa di SD Inpres 3 Tondo belum terimplementasi secara maksimal, karena masih banyak siswa yang kurang memahami pentingnya karakter yang baik bagi siswa itu sendiri, upaya-upaya yang dilakukan guru di sd Inpres 3 Tondo dalam pembinaan karakter siswa yaitu, menggunakan pendekatan keteladanan dan membiasakan karakter disiplin, religius, mandiri dan tanggung jawab. Faktor penghambat peran guru dalam membina karakter.Yaitu pengaruh pergaulan teman sebaya baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat dan terbatasnya komunikasi dengan orang tua siswa. |