JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 9 SINDUE TOMBUSABORA |
Nama: LINI ANDRIANI |
Tahun: 2020 |
Abstrak LINI ANDRIANI (2020). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 9 Sindue Tombusabora. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Saharudin Barasandji. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 9 Sindue Tombusabora pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 9 Sindue Tombusabora. Subyek penelitian berjumlah 24 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada tes pratindakan menunjukan presentase ketuntasan belajar klasikal 8,33?n daya serap klasikal 54,42%. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 66,92% serta presentase ketuntasan belajar (KBK) sebesar 45,83%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 77,08%, serta presentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) siswa sebesar 79,16%. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 80,76?ngan kriteria baik, pada siklus II terjadi peningkatan 88,46?ngan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar bidang studi Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Talking Stickpada siswa kelas V SDN 9 Sindue Tombusabora. Kata kunci : Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick ,pada mata pelajaran Bahasa Indonesia |