JudulHubungan Antara Perhatikan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 7 Taipa |
Nama: IRAWATI NINGSIH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Irawati Ningsih,2022. Hubungan Antara Perhatikan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 7 Taipa di Kecamatan Palu Utara/Taweli Kota Palu,. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Taipa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian, pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan analisis inferensi dengan pengujian hipotesis yang dimaksud untuk mengetahui ada tidaknya hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa. Pengujian dilakukan melalui analisis data yang diperoleh menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan dan signifikansi antara perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa. Perhatian orang tua siswa kelas IV SD Negeri 7 Taipa terdapat 15?lam kategori sangat baik (3 orang), 55% orang tua mendapatkan kategori baik (11 orang), 10% mendapat kategori kurang (2 orang). Dan 10% mendapatkan kategori sangat kurang (4 orang), dengan kata lain, dari 11 orang tua siswa kelas IV SD Negeri 7 Taipa sudah memberikan perhatian yang sangat baik terhadap pendidikan anaknya. Motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 7 Taipa diketahui terdapat 25% siswa kategori sangat tinggi (5 orang), 30% siswa mendapatkan kategori tinggi (6 orang), 15% siswa mendapat kategori rendah (3 orang). Dan 30% siswa mendapatkan kategori sangat rendah (6 orang), yang berarti ada 11 siswa masih sangat mempunyai hasrat dan keinginan berhasil dan 9 siswa masih perlu bimbingan dan perhatian orang tua agar dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran, agar dapat menyelesaikan studinya dengan baik. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Perhatian orang tua |