Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD INPRES 3 LOLU
Nama: PRASETYO IGNATIUS KRISTIADI
Tahun: 2020
Abstrak
Prasetyo Ignatius Kristiadi, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Problem Based Learning dikelas IV SD Inpres 3 Lolu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Misnah S.Pd.M.Pd Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Lolu, yang dibuktikan dengan nilai rata – rata mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Inpres 3 lolu tahun ajaran 2018/2019 belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditentukan (nilai KKM Kelas IV SD Inpres 3 Lolu adalah 70). Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Di SD Inpres 3 Lolu. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dikelas IV SD Inpres 3 Lolu?. Adapun subyek penelitian ini terdiri dari siswaa SD Inpres 3 Lolu yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penlitian Tindakan Kelas (PTK), Terdiri dari empat tahap yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan beberapa tahap, yaitu (1) perencanaan Tindakan (2) Pelaksanaan Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh,yaitu pada hasil observasi kegiatan siswa siklus I diperoleh 64,28%, hasil observasi kegiatan guru diperoleh 65,6%,ketuntasan klasikal sebesar 25%, daya serap klasikal 57,52%,dan rata-rata hasil belajar 5,7. Pada siklus II diperoleh hasil yang lebih baik lagi dari siklus I yaitu persentase observasi kegiatan siswa diperoleh 88,9%,hasil observasi kegiatan guru 85,7%, ketuntasan klasikal 80%,daya serap klasikal mencapai 74,25 dan rata-rata hasil belajar adalah 7,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui metode Problem Based Learning di kelas IV SD Inpres 3 Lolu. Kata kunci : Hasil belajar,Metode Problem Based Learning

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up