JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS III SDN 9 MAMBORO |
Nama: INDRIANINGSIH |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Indrianingsih, 2020. Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian dan Pembagian melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas III SDN 9 Mamboro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Palu. Pembimbing Hj. Akina. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mate.matika dalam pembelajaran operasi perkalian dan pembagian pada siswa kelas III SDN 9 Mamboro. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 9 Mamboro yang berjumlah 23 orang siswa dan guru kelas III. Obyek penelitian adalah hasil belajar operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan asli menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Data hasil penelitian ini di peroleh dari observasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan hasil yang diperoleh yaitu aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran mulai dari siklus I sampai siklus II secara berturut-turut 69,5 dengan kategori baik dan 79,5 dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa dalam menerima pembelajaran mulai dari siklus I sampai dengan siklus II secara berurutan yaitu 59 dengan kategori baik dan 74 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 65,21 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 69,56%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76,08 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 91,30%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Operasi Hitung, CTL. |