JudulPENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE CIRC PADA SISWA KELAS IVA SD INPRES 3 TONDO |
Nama: IRA HIKMAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Ira Hikmawati, 2020. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui metode CIRC pada siswa kelas IVA SD Inpres 3 Tondo. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Sitti Harisah. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IVA SD Inpres 3 Tondo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui metode CIRC kelas IVA SD Inpres 3 Tondo, melibatkan 24 orang siswa, terdiri atas 10 laki-laki dan 14 perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes setip akhir tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya serap klasikal membaca pemahaman siswa pada paratindakan diperoleh 62,91%, dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 50%. Pada siklus I meningkat dengan perolehan daya serap klasikal membaca pemahaman siswa sebesar 76,67?n ketuntasan belajar klasikal mencapai 66,67%. Pada siklus II meningkat dengan perolehan daya serap klasikal sebesar 83,55?ngan perolehan ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,5%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II, telah terjadi peningkatan yang signifikan, yaitu pada daya serap klasikal mengalami peningkatan sebesar 83,55%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IVA SD Inpres 3 Tondo. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci : metode, CIRC, membaca, pemahaman. |