JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWAKELAS IV SDN INPRES 2 LOLU |
Nama: NI LUH INDAH LESTARI DEWI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Ni Luh Indah Lestari Dewi, 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas IV SDN Inpres 2 Lolu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Arif Firmansyah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Inpres 2 Lolu melalui penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 19 siswa, 17 orang siswa laki-laki dan 2 orang perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 69,47% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) 57,89%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase Daya Serap Klasikal (DSK) sebesar 76,05% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 84,21%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka terjadi peningkatan yang signifikan yakni pada DSK terjadi peningkatan sebesar 6,58?ri siklus I sebesar 69,47?n siklus II sebesar 76,05%. Begitu juga pada KBK terjadi peningkatan yang sangat signifikan, yakni sebesar 26,32?ri siklus I sebesar 57,89?n siklus II sebesar 84,21%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. |