JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 BAMBAPULA |
Nama: ISRA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Isra (2020). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Pada Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Bambapula. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Charles Kapile Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN 2 Bambapula melalui model pembelajaran example non example. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas V SDN 2 Bambapula. Subyek penelitian melibatkan 20 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanaka satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes pra tindakan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 30,?n daya serap klasikal 59,5%. Siklus I dengan perolehan presentase ketuntasan klasikal 65?n daya serap klasikal 69,5%, meningkat pada siklus II dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 90?n daya serap klasikal 82%. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 72,22?ngan kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan 94,44?ngan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 70,83?ngan kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan 93,05?ngan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas V SDN 2 Bambapula. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Example Non Example, Hasil Belajar IPS. |