JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS V DI SDN I6 SINDUE |
Nama: SAKMA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK SAKMA (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring melalui Media Animasi pada siswa kelas V SDN 16 Sindue. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Sitti Harisah,S.Ag, M,Pd. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam kemampuan membaca nyaring melalui media animasi pada siswa kelas V di SDN 16 Sindue. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca nyaring melalui media animasi pada siswa kelas V SDN 16 Sindue. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 16 Sindue tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 24 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada tes pratindakan menunjukan persentase ketuntasan belajar klasikal 8,33?n daya serap klasikal 54,42%. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 66,92% serta persentase ketuntasan belajar (KBK) sebesar 45,83%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 77,08%, serta persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) siswa sebesar 79,16%. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 80,76?ngan kriteria baik, pada siklus II terjadi peningkatan 88,46?ngan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media animasi dalam membaca nyaring dapat meningkatkan proses pembelajaran pada siswa kelas V SDN 16 Sindue. Kata kunci: Peningkatan kemampuan, membaca nyaring, media animasi, |