JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 3 SIRENJA |
Nama: NUR HIKMAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nur Hikmah, 2020, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Debat Aktif Pada Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 3 Sirenja Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguuan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Huber Yaspin Tandi Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran debat aktif pada pelajaran IPS di kelas V SDN 3 Sirenja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Sirenja, tahun ajaran 2020/2021 dan subjek penelitian siswa kelas V SDN 3 Sirenja dengan jumlah siswa 16 orang. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, lembar aktifitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika ketuntasan belajar mencapai 70?n daya serap klasikal mencapai 70% serta hasil observasi aktifitas guru dan siswa minimal 80% (kategori baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 75?n daya serap klasikal 72,8% serta hasil observasi aktifitas guru 65,62% (kategori kurang) dan hasil observasi aktifitas siswa 60% (kategori kurang). Meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 87,5%, daya serap klasikal 89,37%, hasil observasi aktifitas guru 91,25% (kategori sangat baik), dan hasil observasi aktifitas siswa 86,66% (kategori baik). Maka dapat disimpulkan bahwa dalam menggunakan srategi pembelajaran debat aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 3 Sirenja. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Debat Aktif, Hasil belajar IPS |