JudulMeningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 5 Tanantovea |
Nama: TRI SULISTYAWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak TRI SULISTYAWATI (2021). Meningkatkan hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pelajaran IPS kelas V di SDN 5 TANANTOVEA. Program studi pendidikan guru sekolah dasar, jurusan ilmu pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada pelajaran IPS di kelas V SDN 5 TANANTOVEA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 5 TANANTOVEA tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 22 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan model alur. Dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II. Hasil pada siklus I di dapatkan 72,72% sedangkan pada siklus II 100%. Kata kunci: Peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. |