Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS IV SD INPRES PEDANDA
Nama: MAGFIRA FITRIANTI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Magfira Fitrianti 2019, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di Kelas IV SD Inpres Pedanda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Akina. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran bilangan cacah pada siswa Kelas IV SD Inpres Pedanda. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Pedanda, tahun ajaran 2019/2020 dan subjek penelitian siswa kelas IV SD Inpres Pedanda dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes awal dan tes akhir tiap siklus, kemampuan guru dalam penguasaan kelas diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Skor perolehan (SP) pada siklus I adalah 65, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 5,45 menjadi 70,45. Ketuntasan belajar klasikal (KBK) pada siklus I adalah 72,7?ngan kategori baik, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 4,57% sehingga menjadi 77,27% termasuk dalam kategori baik. Hasil observasi aktivitas guru pada SP adalah 95 yang termasuk dalam kategori sangat baik, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 1,25 sehingga menjadi 96,25 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran bilangan cacah di kelas IV SD Inpres Pedanda. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran bilangan cacah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up